2019-01-04

Konfigurasi Rangkaian Kapasitor

| 2019-01-04

Pengertian Rangkaian Kapasitor

Kapasitor dapat disusun dengan berbagai konfigurasi untuk mendapatkan nilai kapasitansi tertentu. Hal ini dapat dimanfaatkan dalam rangkaian listrik maupun rangkaian elektronika yang kita gunakan. Sebagai contoh yang nyata adalah penambahan nilai kapasitansi elco pada rangkaian power supply. Rangkaian power supply DC sering membutuhkan kapasitor dengan nilai tertentu untuk mendapat arus DC yang sempurna.

Selain itu rangkaian elektronik yang membutuhkan nilai kapasitor tertentu adalah pada rangkaian osilator. Namun rangkaian osilator saat ini banyak menggunakan crystal untuk mendapatkan frekuensi yang stabil.

Tidak ada salahnya jika kita mengetahui konfigurasi rangkaian dasar kapasitor. Tentunya dalam setiap konfigurasi akan dapat diketahui karakter konfigurasi rangkaian tersebut. Ada dua konfigurasi rangkaian dasar kapasitor yang akan dibahas disini yaitu seri, dan paralel.

Rangkaian kapasitor seri

Kapasitor yang disusun secara seri digunakan untuk meningkatkan kemampuan menahan tegangan listrik. Kapasitor pengganti dari kapasitor - kapasitor yang dihubungkan secara seri adalah sama dengan sebuah kapasitor yang bertambaha tebal bahan dielektrikanya, sehingga nilai kapasitansi totalnya selalu lebih kecil dari masing -masing kapasitor itu sendiri. 

Gambar rangkaian kapasitor seri

Dengan induksi elektrostatis jumlah total muatan yang diberikan pada suatu sistem adalah sama dengan muatan masing - masing kapasitor ( Qt = Q1 = Q2 = Q3 ). 

Dalam hubungan seri, jumlah perbedaan potensial tiap-tiap kapasitor adalah sama dengan pemberian tegangan pada sistem. Rumus Q =C.V berlaku untuk seluruh sistem dan untuk tiap-tiap kapasitor.
V=V1+V2+V3
Qt/Ct =Q1/C1 + Q2/C2 + Q3/C3

Karena Qt = Q1 =Q2 = Q3 maka diperoleh :
1/Ct =1/C1 + 1/C2 + 1/C3

Dengan kata lain harga kapasitor pengganti dari kapasitor-kapasitor yang disusun secara seri dapat diperoleh dengan cara yang sama untuk memperoleh harga tahanan total dari beberapa tahanan yang dihubungkan secara paralel. 

Lihat Artikel Berikut

Rangkaian kapasitor paralel

Bila beberapa kapasitor dihubungkan secara paralel dan kemudian dengan suatu tegangan V, maka jumlah muatan seluruhnya adalah sama dengan jumlah muatan kapasitor-kapasitor itu.

Gambar rangkaian paralel kapasitor
Gambar
Salah satu sifat dari rangkaian paralel adalah tegangan pada tiap-tiap kapasitor sama dengan tegangan sumber yang dihubungkan kepadanya  ( V= V1= V2 = V3 ).

Qt = Q1 + Q2 + Q3
Ct.Vt = C1.V1 + C2.V2 + C3.V3

Karena V= V1= V2 = V3 maka akan diperoleh :
Ct = C1 + C2 + C3
Ternyata harga kapasitor pengganti dari beberapa kapasitor yang dihubungkan secara paralel dapat diperoleh dengan cara yang sama untuk memperoleh tahanan total dari beberapa tahanan yang disusun secara seri.

Lihat postingan lain

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar