2018-12-28

Membuat Saklar Elektronik dengan Satu Transistor

| 2018-12-28
Kembali Blog Materi Elektro membagi kepada pengunjung semua tentang rangkaian elektronik sederhana. Dalam contoh rangkaian ini berupa sebuah saklar elektronik menggunakan satu transistor. Rangkaian saklar elektronik ini difungsikan sebagai alat untuk menyalakan sebuah LED. Berikut ini adalah gambar rangkaian saklar sederhana tersebut.
Gambar Rangkaian Saklar Elektronik dengan Satu Transistor
Gambar Rangkaian Saklar Elektronik dengan Satu Transistor
Komponen komponen yang digunakan dalam membuat rangkaian saklar elektronik sederhana tersebut sangatlah sedikit. Bagaimana cara kerjanya dan fungsi masing-masing komponen penyusunnya ? Yuk langsung saja kita simak pembahasannya sebagai berikut.

Komponen yang digunakan :

R1, R2       : 10 K
R3             : 1,2 K
LED          : 1 pcs
Tr BD139  : 1
SW1          : Saklar SPST

Fungsi Komponen Penyusun Rangkaian 

R1 dan R2 Berfungsi sebagai pembagi tegangan dan pembatas arus yang menyuplai basis transistor. Transistor akan On jika tegangan di basis >= 0,6 ( Tr Jenis Silicon ). Tegangan pada R2 ( VR2 ) = 6 Volt dari pembagian tegangan R1 dan R2 dengan Tegangan sumber ( Vs ) sebesar 12 Volt.

Saklar SPST difungsikan sebagai penghubung R1 dan R2 sehingga arus listrik mengalir dari sumber tegangan.

Transistor difungsikan sebagai saklar elektronik dimana hal ini merupakan salah satu fungsi dasar dari transistor yang banyak digunakan dalam dunia elektro.

R3 difungsikan sebagai pembatas arus yang mengalir pada LED yang merupakan beban dari rangkaian ini. Perhitungan besarnya R3 sangatlah sederhana yaitu R3 =  Vs/ILED = 12 V / 10 mA ) = 1,2 KOhm .

Perhitungan Resistor Pembatas Arus LED
Perhitungan Resistor Pembatas Arus LED

Perhitungan ini menggunakan hukum Ohm yang telah kita bahas sebelumnya pada artikel  Besaran dan Satuan Arus Listrik, Tegangan Listrik dan Tahanan Listrik

Cara Kerja Rangkaian

Ketika saklar terbuka (Off ) tegangan pada basis ( Vbe ) = 0 Volt, tegangan Colector Emitor (Vce)= 12 Volt
Ketika saklar di hubungkan arus mengalir dari R1 ke R2 dan kaki basis Tr BD139. Karena tegangan yang ke kaki basis Tr lebih dari 0,6 Volt maka Tr akan On.
Ketika Tr On Arus juga mengalir dari tegangan sumber ke R3, LED dan ke kaki Colector, arus
mengalir dari kolector ke emitor .
Tegangan Colector Emitor menjadi nol ( Vce = 0 ) atau mendekati nol, sehingga LED akan menyala.

Gimana mudah bukan cara membuat rangkaian saklar elektronik dengan menggunakan satu transistor? Rangkaian tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut dengan beban yang lebih besar dengan tambahan relay dan juga dioda. Insya Alloh admin akan membahasnya lebih lanjut pada postingan postingan selanjutnya.

Oke jangan lupa subscribe ya untuk mendapatkan artikel materi elektro lainnya.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar