Materi Elektro Tentang Kapasitor

Kapasitor adalah salah satu komponen pasif dalam elektro atau elektronika yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik. Dalam rangkaian elektronika kapasitor dapat digunakan sebagai filter, pembangkit gelombang, juga sebagai kopling.

Macam macam kapasitor
Macam macam kapasitor

Sebagai contoh kapasitor yang digunakan sebagai filter adalah pada rangkaian catu daya atau adaptor, pada rangkaian low pass filter, high pass filter, band pass filter, band stop filter dan lain sebagainya.

Kapasitor sebagai pembangkit gelombang contohnya pada rangkaian osilator. Dengan menggunakan kapasitor yang dikombinasikan dengan resistor dan transistor, kapasitor mempunyai peran yang penting untuk rangkaian osilator.

Kapasitor juga sering digunakan sebagai kopling antara satu tingkat penguat ke penguat berikutnya pada rangkaian audio maupun radio juga rangkaian lainnya.

Kapasitor memiliki sifat dasar dapat meneruskan arus ac namun memblokir arus DC sesuai batasan tegangan pada kapasitor tersebut. Kapasitor memiliki satuan Farad, dalam aplikasinya satuan yang digunakan adalah mikro farad, nano farad, piko farad.

Simbol simbol kapasitor


Jenis Jenis Kapasitor

Kapasitor Polar

Kapasitor ada yang memiliki polaritas contohnya elko. Pemasangan kapasitor yang memiliki polaritas harus disesuaikan dengan tegangan yang menyuplainya. Kaki positif kapasitor disambungkan pada titik positif dan kaki negatif dipasang pada titik negatifnya.

Kapasitor Polar
Kapasitor Polar

Kapasitor Non Polar

Kapasitor nonpolar yaitu kapasitor yang tidak memiliki polaritas contohnya kapasitor keramik, kapasitor milar. Pemasangan pada kapasitor nonpolar dapat di bolak balik atau tidak terpengaruh pada polaritas sumbernya.
Kapasitor Non Polar
Kapasitor Non Polar

Kapasitor Variabel

Kapasitor variabel adalah salah satu kapasitor yang nilainya dapat diubah ubah. kapasitor variabel ini memungkinkan kita untuk mendapatkan nilai kapasitor yang sesuai dengan kebutuhan rangkaian.

Kapasitor Variabel
Kapasitor Variabel

Herwanto
Pekerja mandiri, freelancer

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter