Gaya Elektrostatik

Baiklah nulis lagi kali ini. Oke materi elektronika tentang gaya elektrostatik ini berkaitan dengan materi kapasitor. Baiklah langsung saja kita bahas tentang pengertian gaya elektrostatik.

Apabila Dua benda bermuatan listrik terletak berdekatan satu sama lain, maka akan terjadi gaya tarik-menarik atau tolak menolak pada kedua benda tersebut. Bila muatan kedua benda tersebut sama maka akan tolak menolak, dan bila muatan kedua benda tersebut berlawanan maka akan saling tarik menarik.
Gaya yang terjadi tersebut disebut dengan gaya elektrostatik yang diselidiki oleh Coulomb pada abad ke-18 yang kemudian terkenal dengan nama hukum Coulomb.

Bunyi hukum Coulomb sebagai berikut:
" the force of attraction or repulsion between two point charges is directly proportional to the product of the charges and inversely propirtional to the square of the dustance between them."
" Besarnya gaya tarik-menarik atau tolak menolak antara dua muatan listrik Q1 dan Q2 adalah berbanding lurus dengan hasil kali kedua muatan tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya."

Gaya tersebut juga berbanding terbalik dengan fakta dielektrika atau permitivitas dari bahan yang disisipkan antara kedua benda dikalikan 4 PHI. Sedangkan yang dimaksud dengan faktor dielektrika atau permitivity adalah suatu konstanta dari suatu bahan yang menyatakan kemampuan bahan tersebut untuk menerima medan listrik.

Jadi dapat dirumuskan seperti rumus di bawah ini

permitivitas 1


Umumnya pada suatu bahan yang diketahui adalah permitivitas relatif nya yang merupakan angka perbandingan antara permitivitas bahan dan permitivitas hampa udara.

permitivitas 2
Sedangkan untuk harga permitivitas hampa udara harganya sudah tertentu yaitu
permitivitas 3

Tabel Permitivitas Bahan


Materi di atas saya ambil dari sebuah modul pembelajaran Rangkaian Listrik I oleh ibu Sri Astuti Polines 2008. Semoga materi tersebut dapat bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan

Herwanto
Pekerja mandiri, freelancer

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter