Gambar Rangkaian LED On Off

Dalam postingan kali ini, saya akan memposting rangkaian elektronika sederhana dengan judul Gambar Rangkaian LED On Off. Rangkaian ini merupakan rangkaian dasar on off LED dengan disertai penjelasan secara ringkas. Rangkaian LED On Off ini menggunakan komponen dasar sebagai berikut :
  1. Saklar On Off SPST
  2. Resistor
  3. LED
  4. Battery 3 Volt
Berikut ini gambar rangkaiannya.

Gambar Rangkaian LED On Off


Cara Kerja Rangkaian LED On Off

Cara kerja rangkaian LED tersebut adalah baterai sebagai sumber tegangan LED akan mengalirkan arus listrik ke beban ( LED ) melalui saklar dan resistor. Resistor difungsikan sebagai penghambat arus listrik yang mengalir dari baterai menuju LED. Jika saklar di On kan maka LED akan menyala, sebaliknya jika saklar di off kan lampu LED akan mati.

LED memiliki batasan arus dan tegangan kerja maksimal yang diperbolehkan dan harus diperhatikan. Dalam gambar tersebut rangkaian bekerja dengan tegangan Resistor ( VR ) = 0,97 V; tegangan LED ( VD ) 2.03 V; dan arus ( I ) 9.72mA.

Perhitungan Resistor Pembatas Arus LED

Jika LED memiliki spesifikasi kerja dengan VLED : 2V, ILED : 10mA dan Vs = 3V, maka dapat ditentukan nilai resistor pembatas arusnya sebagai berikut :

Vs = VR + VLED
3   = VR + 2

VR = 3 - 2
VR = 1

R = VR / I
R = 1 / 0.1
R = 100

Dari perhitungan di atas didapat nilai R sebesar 100 Ohm.

Itu tadi sebuah pembahasan rangkaian sederhana LED On Off beserta perhitungan untuk mencari nilai resistor pembatas arus. Semoga pembahasan ringkas ini dapat bermanfaat. Jangan sungkan bila ingin menanyakan tentang rangkaian tersebut bisa ditulis di kolom komentar. Ingsya Alloh kami akan membalasnya dengan jelas
Herwanto
Pekerja mandiri, freelancer

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter