Sumber Sumber Energi Listrik

Oke masih dalam blog belajar elektronika kali ini masih dalam materi pendahuluan akan dibahas sedikit mengenai sumber sumber energi listrik. Bila ada dua buah tempat ( titik ) mempunyai elektron yang berbeda maka timbul gaya gerak listrik diantara kedua tempat tersebut. Besarnya gaya gerak listrik tergantung dari besarnya perbedaan jumlah elektron, semakin besar perbedaannya maka gaya gerak listrik semakin besar juga.

Sumber sumber energi listrik dapat dihasilkan dari bermacam macam cara diantaranya

  • Kimia, seperti baterai dan accu, umumnya berwujud kecil dan mudah dibawa kemana mana
  • Thermal, listrik juga dapat dihasilkan dari energi panas yang saat ini masih terus berkembang
  • Mechanical electro magnetic, misalnya generator. Cara ini banyak digunakan baik digunakan dalam sekala besar maupun skala rumah tangga.
Dalam bab pendahuluan ini anda juga dapat membaca artikel tentang pengertian listrik, proton, elektron, neutron, dan juga tentang Arus listrik yang mengalir pada zat padat, gas, maupun cair.
  • Photo Electric seperti solar cell dimana listrik dihasilkan dari energi cahaya. Saat ini listrik yang dihasilkan dari sumber cahaya juga banyak dikembangkan dan dikenal sebagai listrik ramah lingkungan
  • Mechanical electro static cara ini dianggap cara paling tua.
Sumber Energi Listrik

Baiklah itu tadi pembahasan sedikit mengenai sumber sumber energi listrik. Tentunya dengan mengerti tentang cara yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik kita mengetahui bahwa listrik yang kita gunakan melalui sebuah proses baik secara kimia ataupun cara yang lainnya.

Lihat juga artikel tentang materi belajar elektronika yang lain di halaman Daftar Isi


Herwanto
Pekerja mandiri, freelancer

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter