Materi Elektro tentang Satuan Internasional Dalam Listrik dan Elektronika

Di dalam pembahasan rangkaian listrik dan elektronika terdapat banyak perhitungan uraian sehingga diperlukan standart satuan. Sebagai seorang yang ingin belajar elektronika lebih dalam kita harus tau mengenai satuan satuan yang digunakan dalam dunia elektronika. Volt, Ampere, Ohm, Henry, Watt, Joule merupakan satuan satuan yang perlu diketahui dalam belajar elektronika.

Besaran dan satuan dalam elektronika maupun fisika menggunakan satuan internasional sebagai acuannya. Standar satuan listrik dan elektronika akan diuraikan dalam artikel berikut ini. Sebelum menginjak dalam materi standar satuan listrik dan elektronika perlu diketahui sistem penamaan satuan dalam beberapa besaran sesuai standar internasional / SI.

Sistem satuan internasional

Sistem satuan internasional atau SI sebenarnya suatu sistem yang dikembangkan dari sistem matrik. Sistem ini disebut juga dengan sistem MKS. Sistem satuan internasional mempunyai satuan satuan dasar seperti tabel berikut ini. Dalam tabel berikut ini memuat satuan pada besaran panjang, massa, waktu, temperatur, arus. Juga dilengkapi dengan simbol besaran dan singkatan yang digunakan dalam penamaan besaran besaran.

Tabel sistem satuan internasional
Tabel sistem satuan internasional

Jadi setiap besaran mempunyai satuan satuan pengukuran yang sesuai dengan simbol simbol satuan dari Sistem Internasional / SI. Satuan satuan dalam besaran elektronika dan listrik dapat diturunkan dari besaran besaran pokok penyusunnya.

Untuk mempermudah kelipatan kelipatan dari besaran suatu satuan dipakai notasi seperti tabel di bawah ini :
Tabel notasi,simbol dalam satuan
Tabel notasi,simbol dalam satuan
Dalam tabel notasi dan simbol satuan tersebut memuat notasi Tera, Giga, Mega, Kilo, Hecto, Decca, Deci, Centi, Milli, Micro, Nano, Pico, Femto, Atto. Dalam tabel tersebut dilengkapi faktor pengali untuk notasi Tera, Giga, Mega, Kilo, Hecto, Decca, Deci, Centi, Milli, Micro, Nano, Pico, Femto, Atto.

Satuan satuan dalam bidang elektronika akan kami ulas dalam artikel materi elektronika dalam bab Besaran dan Satuan. Dalam artikel ini kami akan membahas terlebih dahulu tentang Besaran dan Satuan Gaya dan Besaran dan Satuan Muatan Listrik.

Besaran Gaya


Satuan dari gaya adalah Newton ( N ) yang diambil dari nama Sir Isaac Newton ( 1642 – 1727 ) yang menyatakan bahwa :
“ A net force of one newton acting on 1 kilogram mass will give it an acceleration of 1 m/s2.”
“ 1 Newton adalah besarnya gaya yang memberikan ercepatan 1 meter per detik kuadrat pada satu benda yang massanya 1 kilogram.”
Jika di masukan dalam rumus, berikut ini adalah Rumus Gaya.
Rumus gaya
Rumus Gaya
Gaya merupakan besaran turunan dari massa, jarak/panjang dan waktu. Gaya memiliki satuan newton atau kg meter per detik kuadrat.

Besaran Muatan Listrik

Dalam sistem satuan internasional, satuan dari muatan listrik adalah Coulomb (C ) yang diambil dari nama Charles Agustin de Coulomb ( 1736 – 1806 ) yang menyatakan bahwa :
“ One coulomb is the quantity of electricity passing a given point in a circuit when a current of one ampere is maintained for one second.”
“ Satu coulomb adalah jumlah muatan listrik yang melalui suatu titik dalam rangkaian yang diakibatkan oleh mengalirnya arus listrik sebesar satu ampere selama satu detik.”
Berikut ini adalah rumus Muatan Listrik :
rumus muatan listrik
Rumus muatan listrik

Satuan praktis yang umum dipakai untuk muatan listrik adalah Ampere per jam ( Amper per hour, Ah ). 1 Ah =3600 coulomb.

Itu tadi pembahasan mengenai satuan internasional, notasi dan pengali dalam satuan, serta pembahasan mengenai besaran gaya dan muatan listrik. Dalam artikel selanjutnya akan dibahas tentang besaran dan satuan Arus listrik, tegangan listrik, dan tahanan.

Mudah mudahan artikel ini dapat membantu anda dalam mencari artikel tentang sistem besaran dan satuan internasional baik dalam listrik dan elektronika.

Artikel selanjutnya mengenai Besaran dan Satuan Arus Listrik, Tegangan Listrik, dan Hambatan. Anda juga dapat melihat artikel artikel elektronika dasar pada halaman Materi Elektronika Dasar.
Herwanto
Pekerja mandiri, freelancer

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter