Pengertian Listrik, Elektron, Neutron, dan Proton

Dalam mempelajari elektronika tidak lepas dari pembahasan mengenai listrik. Untuk itu dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai Atom, Listrik, Proton, Neutron, dan Elektron. Artikel ini merupakan salah satu bahan materi dalam pelajaran elektronika. Kami menyusun artikel ini dalam kategori Materi Pendahuluan Belajar Elektronika. Jangan lupa baca daftar isi blog belajar elektronik untuk mencari artikel materi elektronika di blog Materi Elektro ini

Listrik adalah suatu tenaga yang tidak dapat dilihat, tetapi akibat yang ditimbulkannya dapat dilihat atau dirasakan, misalnya panas, cahaya, gerakan dan masih banyak lagi pengaruh fisika lainnya. Tenaga tersebut terjadi adanya gaya tarik menarik atau tolak menolak yang terjadi antara muatan muatan listrik, lebih spesifik lagi listrik dapat dijelaskan dalam bentuk bentuk muatan listrik, arus, tegangan dan tahanan yang mempunyai satuan satuan : Coloumb untuk muatan listrik, volt untuk tegangan listrik dan ohm untuk tahanan.

Elektron, Proton, Neutron pada suatu Zat

Ada tiga macam bentuk zat yaitu zat padat, zat cair, dan zat gas, yang masing masing tersusun dari molekul molekul dalam jumlah besar. Molekul-molekul dapat dipecah lagi menjadi partikel partikel yang lebih kecil yang disebut atom. Atom tidak mempunyai sifat yang sama dengan molekul lagi. Atom merupakan bagian terkecil dari suatu zat yang bila melalui proses kimia atom atom tersebut dapat membentuk suatu molekul.

Dalam zat padat molekul molekul berdekatan sangat rapat dan mempunyai gaya tarik menarik yang kuat, sehingga mempunyai kecenderungan untuk mempertahankan bentuknya. Di dalam zat cair molekul molekul berdekatan, tetapi kurang terikat rapat dan kohesi antara molekul molekul tersebut dapat bebas bergerak, sehingga zat cair selalu mengambil bentuk sesuai dengan tempat yang diisinya. Dalam zat gas molekul molekul nya letaknya berjauhan antara satu dengan yang lainya. Molekul molekul tersebut bergerak lebih bebas. Kohesi antara masing masing molekul sangat kecil, sehingga zat gas mudah mengambang dan menyusut.Molekul dapat terdiri dari satu , dua atau lebih berbagai macam atom.
Atom yang sangat kecil dapat dipecah lagi menjadi partikel partikel yaitu. Elektron, proton dan neutron.
Gambar Susunan Atom ( Proton, Elektron, Neutron )
Gambar susunan atom sumber : www.thinglink.com

Elektron adalah partikel partikel yang bermuatan negatif dan mempunyai massa yang sangat kecil yaitu 9,11 x 1^-28 gram. Elektron dari berbagai zat adalah sama atau serupa.
Proton adalah partikel yang bermuatan positif yang mempunyai massa sama dengan massa inti atom hidrogen yaitu 1,63 x 10^-24 gram. Besarnya muatan listrik pada proton sama dengan muatan listrik pada elektron namun berlawanan.
Neutron adalah partikel yang tidak bermuatan atau netral mempunyai massa yang sama dengan proton.

Muatan listrik mempunyai sifat bila sama ( positif dengan positif atau negatif dengan negatif ) akan saling tolak menolak, dan jika berlawanan akan tarik menarik.

Suatu atom disebut balanced atau setimbang bila mempunyai jumlah elektron yang sama dengan jumlah protonnya. Suatu bahan yang dibentuk dari atom atom yang setimbang tidak akan menarik atau menolak bahan lain yang dibentuk dari atom atom yang setimbang pula. Suatu atom disebut ion negatif jika mempunyai jumlah elektron yang lebih banyak dari jumlah protonnya. Jika atom mempunyai jumlah proton yang lebih banyak dari jumlah elektronnya disebut ion negatif.

Baiklah itu tadi materi pendahuluan tentang listrik, elektron, neutron, dan proton. Jangan lupa untuk membaca artikel selanjutnya tentang Pengertian arus listrik dan karakter elektron dalam zat.
Herwanto
Pekerja mandiri, freelancer

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter