Januari 06, 2018

Materi Belajar Elektronika Blog Materi Elektro

| Januari 06, 2018
Dalam mempelajari rangkaian elektronika tentunya kita harus tau dulu tentang dasar-dasar elektronika. Dasar-dasar elektronika yang perlu diketahui diantaranya tentang arus listrik, tegangan listrik, hambatan, komponen-komponen elektronika dan juga masih banyak lagi. Banyak teori dan hukum-hukum yang berhubungan dengan arus, tegangan, dan juga hambatan. Seperti yang terkenal salah satunya adalah hukum Ohm, hukum Kirchoff yang menjadi dasar dari teori elektronika. Sedangkan salah satu teori dalam belajar elektronika adalah Teori Loop, Teori Superposisi, Teori Thevenin.
Blog Materi Elektro di www.materielektro.web.id

Untuk memudahkan pembaca dalam belajar elektronika ini, maka penulis menyusun materi sedemikian rupa untuk memudahkan dalam mempelajari rangkaian elektronik. Materi elektronika yang akan dibahas dalam blog www.materielektro.web.id ini dibagi menjadi beberapa kategori / bab.

Materi Pendahuluan

Dalam materi pendahuluan ini berisi tentang teori-teori dan pengertian-pengertian dalam elektronika. Selain itu juga berisi hal-hal yang menjadi dasar pengetahuan elektronika.

  1. Pengertian Listrik, Elektron, Neutron, dan Proton
    Dalam artikel pengertian listrik, elektron, neutron, dan proton ini membahas tentang penyusun - penyusun partikel, juga tentang pengertian atom. Sekedar informasi saja bahwa dunia kelistrikan tidak luput dari pembahasan tentang atom dan penyusun penyusunnya, hal ini menjadi dasar adanya listrik.
  2. Arus listrik dan karakter elektron dalam zat
    Dalam artikel arus listrik dan karakter elektron dalam zat berisi tentang pembahasan bagaimana arus listrik mengalir dalam zat padat, zat cair, zat gas. Selain itu juga dilengkapi dengan susunan elektron dalam zat padat, zat cair, dan zat gas serta bagaimana jika ketiga zat tersebut diberi arus listrik.
  3. Sumber Sumber Energi Listrik
    Dalam artikel sumber sumber energi listrik hanya sekedar menjelaskan secara umum cara cara listrik dihasilkan. Sumber sumber listrik yang akan kami bahas nanti adalah tentang baterai dan sel yang pembahasannya pada artikel tersendiri.
  4. Arus Deplacement dan Polarisasi pada Isolator
    Materi arus deplacement dan polarisasi pada isolator ini menitikberatkan pembahasan secara umum tentang bagaimana suatu bahan isolator jika diberi muatan listrik. Kita tahu bahwa isolator merupakan suatu bahan yang tidak bisa menghantarkan arus listrik namun tentunya isolator tersebut mempunyai keterbatasan dalam menahan muatan listrik.

Besaran dan Satuan

Dalam teori elektronika juga banyak dijumpai besaran dan satuan-satuan yang menjadi dasar dalam perhitungan besaran listrik. Materi tentang besaran dan satuan kami cantumkan juga disini dalam beberapa artikel tentang besaran dan satuan berikut :

  1. Satuan Internasional Dalam Listrik dan Elektronika
    Dalam artikel Satuan Internasional Dalam Listrik dan Elektronika ini membahas tentang satuan internasional, notasi-notasi pengalian ( Tera, Giga, Mega, Kilo, Decca, dan seterusnya ). Selain itu materi tentang muatan listrik kami ikut sertakan dalam artikel tersebut.
  2. Besaran dan satuan Arus, Tegangan dan Tahanan Listrik
    Dalam artikel Besaran dan satuan Arus, Tegangan dan Tahanan Listrik membahas tentang satuan satuan arus listrik, satuan tegangan,  satuan tahanan listrik. Dalam artikel ini dilengkapi dengan rumus perhitungan arus, rumus tegangan listrik, dan juga rumus hambatan listrik.
  3. Besaran dan Satuan Energi Listrik dan Daya Listrik
    Dalam artikel Besaran dan Satuan Energi dan Daya Listrik ini dibahas mengenai satuan energi listrik, dan daya listrik. Dalam artikel ini juga dicantumkan link Ilmuan yang berhubungan dengan Energi Listrik dan Daya Listrik.
  4. Satuan Induksi, Satuan Kapasitansi, dan Satuan Medan Magnet
    Satuan Induksi, kapasitansi, dan medan magnet dibahas di materi ini. Tidak lupa rumus dasarnya juga disertakan dalam artikel satuan induksi, satuan kapasitansi dan satuan medan magnet
  5. Besaran dan Satuan ElektronikaDalam artikel ini berisi rangkuman tentang materi besaran dan satuan. Di dalamnya tertulis satuan satuan yang digunakan dalam dunia elektronika

Resistansi

Dalam kategori resistansi ini dibahas tentang teori tahanan listrik, konfigurasi tahanan listrik, Jembatan wheatstone, teori pembagi tegangan, transformasi hubungan bintang ke segitiga atau sebaliknya, 
  1. Teori Resistansi atau Hambatan Listrik
    Dalam artikel ini dibahas tentang pengertian hambatan listrik pada tahanan, hambatan dan hambatan jenis, konduktansi, daya hantar jenis, daya tahanan dan energi tahanan. Semua dari materi tersebut dilengkapi dengan rumus yang berkaitan.
  2. Konfigurasi Rangkaian Hambatan
    Artikel berisi pembahasan rangkaian tahanan seri, rangkaian tahanan paralel dan rangkaian tahanan seri paralel. Dalam artikel ini dilengkapi dengan pembahasan mengenai hubungan arus dan tegangan pada tiap rangkaian.
  3. Jembatan Wheatstone
    Dalam artikel ini akan dibahas tentang teori kesetimbangan ( Jembatan Wheatstone ). Jembatan Wheatstone sering dipakai dalam berbagai peralatan pengukuran. Jadi pembahasan ini perlu dipahami untuk kita yang menggeluti bidang elektronika.
  4. Menghitung Rangkaian Seri Resistor
    Artikel mengenai rangkaian seri resistor ini dibahas lebih detail meliputi perhitungan hambatan, tegangan, arus dan daya. Contoh perhitungan dalam rangkaian resistor seri ini diberikan untuk memperjelas tentang rangkaian seri resistor.
  5. Menghitung Rangkaian Pararel Resistor
    Rangkaian pararel resistor merupakan rangkaian dasar elektronika yang kami bahas dalam blog materi elektro ini. Dalam artikel menghitung rangkaian pararel resistor ini juga dilengkapi dengan perhitungan hambatan, tegangan, arus dan daya dilengkapi dengan contoh.

Kami akan selalu mengupdate artikel ini untuk memudahkan anda mencari materi elektronika di blog Materi Elektro ini.

Untuk selanjutnya update materi elektro dapat dilihat dalam halaman Sitemap


Related Posts

4 komentar:

  1. Tak jamin aku suwi mudenge... soalnya bukan orang elektro.

    BalasHapus
  2. Menambah informasi nih, salam dari anak teknik kimia😁

    BalasHapus