2018-01-13

Konfigurasi Rangkaian Tahanan atau Hambatan

| 2018-01-13
Kembali blog belajar elektronika membahas materi elektronika tantang konfigurasi rangkaian tahanan atau hambatan. Hambatan atau tahanan dalam rangkaian elektronika yang paling sering dijumpai adalah resistor. Resistor merupakan komponen penghambat arus listrik yang banyak ditemukan dalam rangkaian elektronik seperti rangkaian audio, rangkaian kontrol, rangkaian pesawat televisi dan masih banyak lagi.

Dalam materi konfigurasi tahanan ini akan dibahas rangkaian tahanan serirangkaian tahanan paralel dan sedikit tentang rangkaian konfigurasi tahanan seri paralel. Sebelumnya saya juga pernah membahas secara umum mengenai pengertian tahanan, tahanan jenis, daya dan energi tahanan, serta tentang pengaruh perubahan suhu terhadap tahanan.

Anda dapat membaca tentang Teori Resistansi atau Hambatan Listrik untuk mengetahui pembahasan tentang pengertian tahanan, tahanan jenis, daya dan energi tahanan, serta tentang pengaruh perubahan suhu terhadap tahanan.
Baiklah langsung saja menuju materi konfigurasi rangkaian tahanan berikut ini.

Konfigurasi Tahanan ( hambatan ) dalam hubungan deret ( seri )

Yang dimaksud dengan hubungan seri adalah dimisalkan ada 3 buah tahanan masing masing R1, R2, dan R3, dimana ujung dari R1 terhubung dengan ujung dari R2 dan ujung lain R2 terhubung dengan ujung R3, sedngkan ujung ujung lain dari R1, dan R3, sebagai terminal keluaran ( output ).

Sebagai contoh tahanan / hambatan / resistansi dalam hubungan deret / seri dapat dilihat pada gambar berikut ini. Dalam gambar ini ujung R1 dan R3 dihubungkan dengan sumber tegangan.

Rangkaian hambatan seri
Rangkaian hambatan seri
Karena rangkaian di atas tidak mempunyai jalur lain , maka seluruh komponen mempunyai arus yang sama. Jadi pada setiap rangkaian deret / seri suatu resistansi mempunyai arus yang sama pada setiap komponennya. Bila Rt adalah hambatan total dari ketiga tahanan tersebut, maka dengan menggunakan hukum Ohm akan diperoleh persamaan :

Persamaan tegangan pada rangkaian tahanan seri
Persamaan tegangan pada rangkaian tahanan seri

Dalam rangkaian deret atau seri tersebut nilai tegangan V merupakan penjumlahan dari V1, V2 dan V3 jadi :
Rumus tahanan seri
Rumus tahanan seri
Jadi dalam rangkaian hambatan seri total tahanan ( Rt ) adalah sama dengan jumlah masing masing resistansi. Sedangkan V1, V2 dan V3 disebut dengan tegangan jatuh ( voltage drop ) dan bila dijumlahkan sama dengan tegangan sumber V. Berikut ini rumus umum resistansi total :

Rumus umum hambatan total rangkaian seri
Rumus umum resistansi total rangkaian seri

Konfigurasi Tahanan / Hambatan / Resistansi dalam hubungan sejajar ( paralel)

Yang dimaksud dengan hubungan paralel adalah misalkan ada 3 buah tahanan / resistansi yang masing masing R1, R2 , dan R3 yang ujungnya dari masing masing tahanan saling berhubungan seperti pada gambar berikut ini.
Rangkaian tahanan paralel
Rangkaian resistansi paralel
Jika Rt merupakan tahanan total dari R1, R2, dan R3 maka :
Rumus Arus total pada hambatan paralel
Rumus Arus total pada hambatan paralel

Dalam konfigurasi paralel beda potensial ada setiap hambatan adalah sama, dimana besarnya sama dengan tegangan sumber ( V ) yaitu :
Persamaan tegangan rangkaian paralel
Persamaan tegangan rangkaian paralel

Arus yang diberikan sumber adalah jumlah arus yang mengalir pada setiap tahanan. Jadi :
Persamaan Arus total pada rangkaian tahanan paralel
Persamaan Arus total pada rangkaian tahanan paralel
Berikut ini adalah persamaan yang didapat menurut hukum Ohm

Persamaan rangkaian hambatan paralel
Persamaan rangkaian hambatan paralel
Rumus umum konfigurasi tahanan atau hambatan paralel adalah sebagai berikut :
Rumus Umum Konfigurasi Tahanan Paralel
Rumus Umum Konfigurasi Tahanan Paralel

Bila hanya dua buah tahanan persamaan diatas dapat disederhanakan sebagai berikut
Rumus dua tahanan paralel
Rumus dua tahanan paralel
Untuk memudahkan dalam mengingat persamaan diatas maka Rt adalah perkalian kedua tahanan dibagi dengan jumlah kedua hambatan tersebut. Arus arus I1, I2, I3 dalam konfigurasi tahanan atau hambatan pararel disebut arus cabang.

Konfigurasi Tahanan ( hambatan ) dalam hubungan seri pararel

Dalam konfigurasi tahanan seri pararel rumus untuk menyelesaikan perhitungan tergantung bagaimana rangkaian hambatan tersebut disusun. Penggunaan rumusnya merupakan rumus pada konfigurasi seri dan juga konfigurasi pararel. Biasanya dalam perhitungan hambatan total dilakukan penyederhanaan sesuai konfigurasi rangkaiannya.

Baiklah itu tadi materi konfigurasi rangkaian tahanan atau hambatan secara seri, dan paralel. Selanjutnya akan dibahas mengenai rangkaian jembatan wheatstone. Lihat juga materi materi yang lain yang belum anda pahami di daftar isi materi belajar elektronika di web materielektro.web.id.

Jangan segan untuk bertanya atau komentar melalui kolom komentar atau kontak yang tersedia.



Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar