2018-01-09

Energi dan Daya dalam Elektronika

| 2018-01-09
Dalam artikel ini dibahas mengenai satuan Daya Listrik dan Energi Listrik. Untuk mengetahui besarnya daya listrik dan energi listrik dapat menggunakan rumus yang kami paparkan berikut. Dalam elektronika daya listrik merupakan besaran yang digunakan dalam menyantumkan kekuatan suatu perangkat elektronik. Sedangkan energi listrik sering digunakan dalam perangkat perangkat listrik berdaya besar.

Energi listrik dan Daya Listrik

Energi adalah kapasitas untuk melakukan kerja. Ada beberapa macam energi, seperti : energi mekanik, energi listrik, energi panas dan sebagainya. Dari energi yang satu dapat diubah menjadi energi yang lain.
Satuan internasional untuk energi adalah Joule ( J ) yang diambil dari nama Presscott Joule ( 1818 – 1889 )yang menyatakan bahwa :
The work W done by a force F that acts on a object as the object move trought a small displacement.
” Satu joule adalah energi yang diperoleh suatu benda jika gaya sebesar satu Newton menggerakkan benda tersebut sejauh satu meter. “


Rumus Daya
Rumus Daya
Karena muatan listrik mempunyai hubungan dengan arus dan waktu maka bila disubstitusikan di dapatkan rumus yang ke tiga.

Daya adalah besarnya energi tiap satuan waktu. Satuan internasional untuk daya adalah Watt yang diambil dari nama James Watt ( 1736 – 1819 ) yang menyatakan bahwa :

Rumus daya 1
Rumus daya 1


Dalam satuan lain yang biasanya dipakai pada mekanik adalah tenaga kuda ( hourse power, HP )
1 HP = 764 Watt = 550 ft.lb/s
Dengan mensubstitusikan rumus energi, maka diperoleh rumus sebagai berikut
Rumus Listrik
Rumus Listrik

Jika hukum Ohm disubstitusikan ke dalam rumus tersebut maka diperoleh rumus sebagai berikut :

Macam macam rumus daya listrik
Macam macam rumus daya listrik
Demikian tadi mengenai pembahasan sekilas tentang energi listrik dan daya listrik. Materi ini merupakan materi elektronika dasar yang digunakan dalam mempelajari elektronika. Silahkan anda juga dapat melihat materi lainnya di halaman Daftar Isi.
Materi elektronika mengenai satuan arus listrik, tegangan listrik dan hambatan dapat dijumpai pada artikel sebelumnya.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar