Besaran dan Satuan Arus Listrik, Tegangan Listrik dan Tahanan Listrik

Setelah membahas tentang Satuan Internasional Dalam Listrik dan Elektronika yang membahas tentang besaran dan satuan Gaya Listrik dan Muatan listrik kini saatnya membahas tentang arus listrik, tegangan listrik, dan hambatan / tahanan listrik. Arus listrik, Tegangan listrik dan Hambatan listrik mempunyai satuan satuan yang berbeda. Dalam belajar elektronika nama besaran dan satuan kelistrikan perlu diketahui karena itu merupakan hal penting dalam memahami bidang elektronika.

Baiklah langsung saja kita bahas satu persatu. Untuk awal pembahasan kali ini mengenai besaran dan satuan arus listrik.

Arus Listrik

Besaran arus listrik mempunyai satuan Ampere. Apa yang dimaksud dengan arus listrik dan bagaimana definisinya ? Dalam suatu bahan jika ada pengaruhi dari luar sehingga menyebabkan elektron-elektron bergerak ke satu arah, maka dikatakan terjadi arus listrik yang arahnya berlawanan dengan arah gerakan elektron elektron tadi. Satuan dari arus adalah amper yang diambil dari nama Andre Marie Ampere ( 1775 – 1836 ) yang menyatakan bahwa :
“ When the charge moves at the rate of 6.24 x 10^18 electrons flowing pass a given point per second, the value of the current is one ampere.”
“Satu ampere adalah jumlah muatan listrik 6.24 x 10^18 elektron yang mengalir melalui suatu titik tertentu selama satu detik. “
Karena 6.24 x 1018 elektron adalah 1 coulomb, maka dapat dirumuskan sebagai berikut :

Rumus dan satuan arus listrik
Rumus dan satuan arus listrik
Dalam rumus arus listrik tersebut nampak bahwa arus listrik merupakan perhitungan banyaknya muatan listrik yang mengalir melalui suatu titik dalam satu detik.

Tegangan Listrik

Tegangan listrik adalah suatu beda potensial antara dua titik yang mempunyai perbedaan muatan listrik. Sistem satuan Internasional untuk tegangan adalah volt ( V ) yang diambil dari nama Alexandre Volta ( 1748 – 1827 ) yang menyatakan bahwa :
“The volt is the charge potential of one coulomb of electric chargeundergoing on energy charge of one joule. “
“ 1 volt adala perubahan energi sebesar satu joule yang dialami oleh satu coulomb muatan listrik “
rumus tegangan listrik 1
Rumus tegangan listrik 1
Tegangan listrik memiliki satuan volt atau Joule per Coulomb dan dengan simbol V. Dalam dunia elektronika untuk mencari tegangan listrik sering merujuk dalam hukum Ohm dimana ada keterkaitannya dengan Arus dan Hambatan/tahanan/resistansi listrik.

Tahanan Listrik

Jika beda potensial diberikan pada ujung ujung suatu konduktor listrik, maka terjadilah penyaluran muatan listrik atau dengan kata lain terjadi arus listrik. Besarnya arus berbanding lurus dengan besarnya perbedaan potensial pada konduktor tersebut ( pada temperature konstan ).
Rumus hambatan / tahanan / resistansi
Rumus hambatan / tahanan / resistansi

Nilai konstanta ini dinamakan tahanan / hambatan / pelawan ( resistor ) dari konduktor itu. Satuan untuk tahanan adalah Ohm ( Ω ) yang diambil dari nama George Simon Ohm ( 1787 – 1854 ).

“Jadi tahanan satu ohm adalah besarnya tahanan yang menyebabkan mengalirnya arus sebesar satu ampere, bila pada kedua ujung tahanan tersebut dihubungkan dengan sumber tegangan sebesar satu volt . “

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa :

  • Jika tegangan konstan, maka bila tahanan diperbesar arus akan menjadi kecil.
  • Jika tahanan konstan, maka bila tegangan diperbesar arus akan menjadi lebih besar pula.
Rumus Hukum Ohm
Rumus Hukum Ohm

Persamaan di atas terkenal dengan “ Hukum Ohm “ yang merupakan hukum dasar untuk ilmu listrik, yang merupakan hubungan antara tegangan, arus, dan tahanan atau hambatan.

Demikian tadi pembahasan mengenai arus listrik, tegangan listrik, dan hambatan. Dalam hubungan antara arus, tegangan dan hambatan dikenal dengan hukum Ohm yang merupakan hukum dasar untuk ilmu listrik. Mudah mudahan pembahasan ini bermanfaat bagi yang mempelajari elektronika atau listrik atau ilmu lainnya. Jika dirasa bermanfaat anda dapat menyebarkan melalui facebook, twitter, atau google plus anda.

Materi elektronika dalam bab yang lainnya dapat dilihat di halaman Materi Elektronika Dasar.

Herwanto
Pekerja mandiri, freelancer

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter