2018-01-07

Arus Deplacement dan Polarisasi pada Isolator

| 2018-01-07
Masih dalam materi pendahuluan belajar elektronika, kali ini blog Materi Elektro akan membahas tentang arus deplacement dan polarisasi. Jika suatu medan listrik diberikan pada suatu bahan isolator, baik dalam bentuk padat, cair maupun gas karena pengaruh gaya tarik menarik dan tolak menolak dari muatan listrik mengakibatkan atom atom membentang dengan arah positif dan negatif yang berlawanan.

Dapat dijelaskan seperti pada gambar di bawah ini sebelum diberi muatan listrik bahan isolator atom atomnya bersifat netral dan tidak terjadi pembentangan. Ketika isolator diberi medan listrik, atom atom dalam isolator tersebut akan membentang.

Gambar pengaruh medan listrik pada isolator.

Isolator yang diberi muatan listrik menjadikan atom atom yang berada dalam isolator tersebut membentang.
Muatan muatan positif dan negatif berlawanan ke arah medan listrik dan proses ini terjadi pemindahan muatan. Muatan negatif akan mendekati sumber tegangan positif dan muatan positif akan mendekati sumber tegangan negatif peristiwa ini disebut dengan polarisasi. Dalam pemindahan muatan listrik ini mengalir arus deplacement. Apabila sumber tegangan ( medan listrik ) dinaikkan terus menerus, atom atom akan terionisasi sampai batas kemampuan isolator tersebut menahan tegangan maka isolator akan menjadi konduktor. Saat kritis ini disebut dengan breakdown.

Polarisasi adalah peristiwa pembentangan muatan di dalam isolator akibat adanya pemindahan muatan ( arus deplacement ), muatan negatif akan mendekati sumber tegangan positif dan muatan positif akan mendekti sumber tegangan negatif.
Itu tadi mengenai pengertian arus deplacement dan peristiwa polarisasi pada isolator. Dengan membaca ini mudah mudahan dapat menambah khasanah mengenai listrik dan elektronika khususnya tentang isolator yang diberi muatan listrik.

Artikel lain dalam materi pendahuluan pembelajaran elektronika antara lain :

  1. Pengertian Listrik, Elektron, Neutron, dan Proton
  2. Arus listrik dan karakter elektron dalam zat
  3. Sumber Sumber Energi Listrik
Materi selanjutnya adalah Bab Besaran dan Satuan silahkan dapat diakses melalui Daftar Isi

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar